Ketika benci tapi cinta sama mantan: Bedah The World of the Married (part 2)


Jadi sebenernya Sun Woo sama Tae Oh ini hubungannya gimana sih!!!

Disclaimer: Artikel ini mengandung banyak spoiler, terutama di episode-episode terakhir 

Di episode 14, netizen penyuka drakor The World of Married ini dibuat kebingungan lantaran Sun Woo dan Tae Oh yang tiba-tiba berhubungan seksual lagi. Dinamika hubungan mantan pasangan ini pun dibilang aneh, mulai dari saling usir-usiran, saling ngejahatin, sampai saling peduli satu sama lain sehingga kadang jadi nggak jelas apa tujuan yang ingin dicapai mereka (read: jadi mau ngusir apa mau balikan?) 

Nah, apa yang dirasakan Sun Woo dan Tae Oh ini adalah ambivalensi, dimana ada dua rasa yang bertentangan kepada suatu obje. Dalam konteks hubungan Sun Woo dan Tae Oh ini, mereka sama-sama benci banget satu sama lain dan juga sayang banget satu sama lain

Kok bisa mencintai dan membenci secara bersamaan? Bukannya benci ya benci aja, cinta ya cinta aja? 

Kok bisa udah dijahatin tetap cinta? Kalo tetap cinta kok nggak balikan aja? 
Seperti biasa, aku coba jabarin alasannya dari literatur yang aku pelajari ya...

1. Kamu merasa sangat benci jika dikhianati orang yang paling kamu cinta


Peneliti dari  South China Normal University, Jin dkk (2017),  melakukan eksperimen terkait pengaruh level cinta seseorang terhadap timbulnya rasa benci akibat pengkhianatan dalam konteks hubungan romantis. Dari hasil eksperimennya diketahui bahwa pada partisipan dengan tingkat rasa cinta yang tinggi menunjukkan rasa benci yang kuat ketika diminta membayangkan skenario pengkhianatan dibandingkan dengan kelompok dengan degree rasa cinta yang rendah. Menariknya, walaupun partisipan yang 'sangat cinta' menunjukkan rasa benci yang kuat, rasa cinta tetap menjadi emosi yang dominan ia rasakan, sementara pada partisipan yang 'nggak cinta-cinta amat', rasa benci justu lebih tinggi dari rasa cinta. Mereka menyebutnya fenomena “the deeper the love, the deeper the hate 
Dengan kata lain, cinta dan benci itu bisa sama-sama kamu rasakan secara intens saat pasanganmu mengkhianatimu

Kok bisa? Ketika menyangkut pasangan yang sangat kamu cintai, perasaan-perasaan yang kamu rasakan terhadap penghianatan bisa menjadi sangat kompleks. Kamu tak lagi bisa menilai secara rasional, tetapi juga dipengaruhi oleh emosi dan investasi kamu dalam hubungan tersebut, seperti "aku sudah berkorban banyak selama ini" "Kamu adalah ayah dari anakku", dll. Dalam kasus Sun Woo dan Tae Oh, walaupun tersakiti, sering kita liat baik Sun Woo maupun Tae Oh sering kali bengong dan flashback ke memori-memori indah saat mereka masih sama-sama. Makanya ketika kamu sangat mencintai seseorang dan kamu telah "berinvestasi" banyak disana, akan sulit untuk berhenti mencintai orang tersebut seberapapun jahatnya mereka. 

2. Walau benci, Sun Woo tetap peduli pada Tae Oh


Ini salah satu yang bikin gemes netijen, di beberapa episode akhir, kita tahu bahwa Sun Woo berulang kali tetap nolongin Tae Oh, mulai dari nolongin pas di kantor polisi, kasih duit biar Tae Oh bisa tetap hidup pas abis diusir bapak mertua, sampai tetap nawarin bantuan finansial pas nolak balikan.

Menurut University of Columbia, wanita memiliki rasa "ingin mengurus"dan suportif kepada mantan suaminya, sehingga mereka merasa positif pada diri (e.g tidak merasa bersalah dan juga tidak cemas). Hal ini diperkuat jika mantan pasangan tersebut telah memiliki anak bersama. Hal ini mirip dengan apa yang dirasakan Sun Woo, dimana banyak banget keputusan yang dia lakukan semata-mata karena dia merasa bertanggung jawab untuk mengurus mantan suaminya dan juga dengan tujuan akhir agar anaknya tidak dibebani Tae Oh kelak. 


3. Terlepas dari itu,  harga diri Sun Woo dan kepercayaan yang rusak membuat mereka nggak bisa bareng lagi


Menurut Esther Perrel, psikoterapis yang terbiasa menghadapi kasus perselingkuhan, pasangan yang berselingkuh bukan hanya membuat kita sakit hati terhadap pasangan, tetapi lebih membuat kita menilai harga diri kita "apakah aku tidak cukup cantik/menarik/memuaskan/suportif sehingga kamu mencari alternatif?" Pertanyaan ini bisa cukup kuat di diri Sun Woo, mengingat dalam hubungan ini, dia adalah orang yang cukup bekerja keras untuk memenuhi peran penyedia finansial dan juga seorang ibu. 

Lebih jauh lagi,  Sun Woo cukup sensitif dengan isu perselingkuhan. Hal ini berangkat dari masa lalunya dimana orang tuanya juga berselingkuh dan memutuskan untuk bunuh diri. Mengetahui pasangan selingkuh, bukan hanya menghancurkan harga dirinya, tetapi juga menghancurkan kepercayaannya. 

Di episode akhir, dapat kita liat Tae Oh yang mengemis-ngemis minta kembali, Sun Woo cukup stress untuk menghadapi hal tersebut. Di satu sisi ia tetap peduli dan kasihan dengan Tae Oh, tetapi di satu sisi lagi Sun Woo tidak bisa mempercayai Tae Oh lagi sehingga tidak mungkin bagi mereka untuk kembali. 

(Lagian kalau mereka balikan, pasti netijen benci banget sama sutradaranya, wk)


Sekian analisa sotil part 2 nya, beberapa topik tentang drakor ini juga ada beberapa yang direquest, but let see yaa ngumpulin niat dan bahan bacaan dulu untuk nulis hehe.


Love, 
Ika


Sumber: 

Jin, W. Xiang, Y, & Lei, M. (2017). The Deeper The Love, The Deeper The Hate. Front Psychology, 7 Desember 2017. Diakses dari https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2017.01940/full

Perel, Esther. (2017). The State of Affair: Rethinking Infidelity. Harper

University of Missouri-Columbia. "Women caring for ex-husbands." ScienceDaily. ScienceDaily, 10 February 2011. <www.sciencedaily.com/releases/2011/02/110210184338.htm>



Comments