Amankah "Bertindak Duluan, Minta Maaf Belakangan?"




"Minta izin ribet! Mending nantian aja minta maaf belakangan" 

Kemarin, teman saya nyeletuk tentang pernyataan yang saya jadikan polling instagram di atas itu. Nah, dari 30 orangan yang ikut polling, tersebutlah hasil presentasi yang bisa kamu lihat di gambar, yup 30% dari teman-teman saya tersebut memiliki pemikiran yang sama dengan teman saya tersebut. 

Salah? 

No, saya menulis artikel ini tidak untuk memojokkan siapapun yang punya pemikiran seperti ini. Saya paham pasti ada hal yang ketika dilakukan mungkin akan membuat keputusan lebih rumit. Terkadang memang lebih mudah minta maaf dan melanjutkan hidup dibandingkan minta izin tapi tak dikasih. 

Tetapi, cara ini mungkin tidak aman lho

Biasanya, apa yang pasangan kamu lakukan setelah tahu dia kecolongan dan kamu minta maaf?

Mungkin dia 
  • Marah sebentar
  • Marah lama tapi baikan

Tapi yang terparah, dia bisa juga
  • Hilang kepercayaan 
  • Curigaan
  • Merasa dikhianati

Nah, tiga perasaan terakhir itulah yang bikin cara ini jadi nggak aman. Kenapa? karena ketiga perasaan itu bisa menghilangkan salah satu komponen penting hubungan, yaitu trust. Tanpa adanya rasa percaya, hubungan kamu dan pasangan tak lagi sehat dan terbuka. Hubungan yang tidak sehat inilah yang bisa membuat kapal hubunganmu oleng. 

Tak percaya? Misalnya nih, menurut studi dari the National Endowment for Financial Education di tahun 2011, 16% perceraian di US disebabkan oleh pasangan yang melakukan 'selingkuh finansial', misalnya beli barang atau jasa tanpa bilang-bilang dahulu pada pasangan.

Kembali lagi, sebenarnya hal itu tergantung dengan hubungan kamu dan pasangan. Mungkin pasangan kamu tipe yang tidak terlalu mengurusi hal tersebut dan kalian tipe yang saling memaafkan. Tetapi, kamu harus juga mewaspadai jika tindakan yang kamu lakukan mungkin sesuatu hal yang sangat tidak suka, hati-hati ya! 

Saya dan pasangan sendiri sepakat bahwa trik bertindak duluan baru minta maaf adalah BIG NO, apalagi dengan saya dan dia yang tipe perasa.

Well, just keep in mind that you should treat your partner the way you want to be treated

Cheers, 
Ika





Comments