Membentuk Persona di Online Dating


Definisi Persona menurut kamus Mirriam-Webster: 

1. Karakter yang dibuat oleh seseorang, misalnya tokoh dalam novel.
2. Kepribadian yang ditampilkan seseorang di lingkungan sosial agar dirinya dikenal memiliki sifat tertentu, misalnya politisi yang menampilkan sifat jujur.

Di dunia kencan online, banyak cara untuk menarik perhatian match. Salah satunya adalah membuat profil yang menggambarkan kamu itu orang yang menarik dan potensial untuk jadi pasangan. Hal ini penting banget, karena dengan melihat profil kamu, match akan menentukan mau menyapamu atau tidak. Percaya sama saya (dan sama hasil penelitian di Princeton) tak perlu lama untuk match memutuskan untuk swap kiri atau swap kanan, cuma beberapa detik buat match nilai kamu!

Makanya menurut saya butuh banget menampilkan persona untuk memancing match tertarik menyapa kamu.
Kriteria pasangan yang diidamkan bisa kamu liat disini 

Menampilkan diri sendiri atau kepribadian yang diinginkan orang lain?


Nah, ini pertanyaan yang sering banget ditanyain pencari jodoh. Menurut saya, dua-duanya bisa!

Saya percaya semua orang, termasuk kamu, pasti punya sisi menarik yang diinginkan lawan jenismu, misalnya sabar, humoris, dan lain-lain. Masalahnya, untuk menampilkan karakter tersebut di online dating memang nggak gampang dibanding langsung ketemu muka. Hal ini dibuktikan dari acara-acara offline dari online dating tempat saya kerja (sebut saja Setipe hehe), banyak pengguna yang aslinya seru dan menarik banget, tapi mereka kesulitan untuk menampilkan hal tersebut di profil onlinenya, yang akhirnya banyak sapaannya jadi ga di bales. Sayang banget kan?

Nah kembali ke topik awal, persona apa yang harus ditampilkan? Ada tiga hal umum yang bisa kamu lakuin.

1.     Looks Attractive!










Jujur deh, hal pertama yang kamu lliat di profil match pasti foto kan? Yep, sebagai manusia kita emang udah dirancang untuk menilai orang dari covernya. Bukannya mendeskritkan pihak tertentu, tapi pepatah dari mata turun ke hati itu emang bener banget. Menurut teori evolusi, terlihat atraktif sendiri menggambarkan kalau kamu itu sehat dan mampu untuk melahirkan keturunan, sehingga masuk kriteria yang penting untuk cari pasangan.

Tapi masalahnya mata ga hanya menangkap kamu cakep apa enggak! Mata kamu mampu menangkap material-material lain yang mendukung kamu untuk terlihat menarik! Berikut dos and donts nya

Dos   :
  • Pasang foto yang jelas
  • Terlihat bersih (yup, jangan sampai ada cabe di gigi atau bulu hidungmu kemana-mana)
  •  Foto kamu lagi ngelakuin hobi kamu (misalnya travelling, masak),pakai baju yang sesuai dengan bentuk tubuhmu, 
  • Jika kamu merasa kamu kurang cakep boleh-boleh aja kok pake make up atau foto yang menunjukkan angle kamu yang paling bagus (misalnya badanmu yang tinggi). 


Don'ts :
  • Menampilkan foto artis apalagi foto SARA (bukan foto kamu)
  • Melakukan hal yang kamu anggap keren tapi mungkin aja match enggak (contoh: ngerokok, foto lagi minum-minum)
  • Pakai filter kebanyakan yang cuma ngeliatin kalo kamu ga pede sama diri kamu


2.     Be Smart


Nah, pinter enggaknya kamu bisa dilihat dari bio yang kamu tulis. Selain bio kamu terlihat menarik, match juga akan penasaran dan nyapa kamu sebelum kamu nyapa duluan.

Dos   :
  • Tulis pekerjaan kamu secara unik, nggak harus sama kantornya, yang penting bikin orang penasaran(sehari-hari mainan sama data phyton, semoga ga digigit)
  • Tulis hobi kamu yang paling unik, kalau ga unik bisa kamu modifikasi sedikit, misalnya hobi keliling museum dan ngitungin berapa banyak orang pacaran disana. 
  • Kasih pertanyaan terbuka di akhir, misalnya "Kira-kira menurut kamu traveling kemana lagi ya?"
Don'ts :
  • Menampilkan sisi negatif (misalnya. aku benci cowok selingkuh)
  • Minta diterima ada adanya, plis deh kenal lebih jauh aja belum udah minta dimaklumi
  • Ga nulis bio sama sekali

3.   Be fun 



Kriteria ketiga adalah terlihat menyenangkan! Kenapa? Karena ketika match kamu melihat kalau kamu itu orang yang 'kira-kira' asik buat diajak ngobrol, dia ga akan ragu buat nyapa kamu. 

Selain itu, Dr Lisa Firestone, direktur dari Research and Education The Glendon Association, juga menemukan kalau fun dan humoris masuk ke dalam 7 kriteria pasangan idaman

Dos   :
  • Foto tertawa! tapi foto ini jadikan foto sekunder, bukan profile picture ya
  • Tulis hal-hal positif, misalnya kamu blg kamu bersyukur banget atas hidupmu. 
  • Sedikit humor di bio boleh banget! Tapi hati-hati cheesy ya


Don'ts :


  • Bio kamu terang-terangan ngajak ONS, hmph ga banget 
  • Being Cynical terhadap apapun. Itu hal yang match kamu harus tahu kalau kamu sudah menjalin hubungan.
  • Menulis saya humoris (ini layaknya tembok putih kamu tempelin stiker tulisan "Biru" buat bilang ke orang itu tembok warnanya biru, better kamu taruh jokes andalan kamu di  bio) 


Nah, dari Profil kamu yang terlihat menarik, kamu sudah lolos ke filter pertama, ketika kamu sudah dikirim pesan atau pesanmu sudah berbalas, tantangan kamu selanjutnya adalah mempertahankan ketertarikan match kamu,


Selamat mencoba :) 


Sumber : 

https://www.merriam-webster.com/dictionary/persona

Firestone. L.(2013). Dating Resolutions: 7 Characteristics of an Ideal Partner. Diakses dari 
https://www.psychalive.org/dating-resolutions-7-characteristics-of-an-ideal-partner/

Wargo.E.(2006). How Many Seconds to a First Impression. psychologicalscience.org. Diakses dari https://www.psychologicalscience.org/observer/how-many-seconds-to-a-first-impression#.WTOXH2iGPIU

Comments