3 Tanda bahwa kamu Insecure Girlfriend

Menjalin hubungan romantis terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Di samping rasa bahagia, beberapa orang juga justru lebih sering merasa galau karena dipenuhi oleh emosi takut kehilangan, cemburu, marah, iri, ataupun cemas tak beralasan. Jika kamu salah satunya, bisa jadi kamu adalah si pacar insecure.

Sedikit curcol, saya dulunya pernah menjadi pacar insecure. Akibatnya dari beberapa hubungan yang  saya jalani, dua hubungan kandas karena alasan saya yang terlalu ribet dan mengekang. Akhirnya saya sadar dan mencoba memperbaiki mindset saya. Saya bersyukur saya dapat memperbaiki diri saya dan saat ini pun saya berhasil menjalin hubungan romantis lebih dari dua tahun (fyi dahulu hubungan saya tidak ada yang lebih dari 8 bulan!)

Tentunya saya tidak mau sukses sendiri, saya ingin membantu kamu untuk menyadari apakah kamu termasuk insecure girlfriend lewat 3 tanda ini:


1.   Sulit Mempercayai Pasangan














gambar : Hipstercrite.com 

Basis hubungan yang harmonis adalah kepercayaan. Tetapi bagi orang yang insecure, percaya 100% pada pasangan sulit sekali untuk dilakukan. Pacar yang insecure sering bertindak kelewatan seperti ingin selalu ada 24 jam bersamanya sehingga ia tidak punya me time, mengecek media sosial dan gadget pasangan (bahkan memaksanya menggunakan profile picture kalian berdua di semua media sosialnya), serta bertanya bernada menuduh dan curiga layaknya kekasih adalah maling yang tertangkap polisi.
Dihadapi dengan perlakuan seperti itu, seringkali kekasih malah menjaga jarak dengan kita. Bukannya ia tidak ingin kamu tahu, tetapi seringkali perilaku tersebut akan membuat laki-laki tidak nyaman dan merasa tidak punya ruang untuk dirinya sendiri, apalagi jika kamu berhubungan dengan laki-laki introvert.


2.  Sensitif Terhadap Situasi Ambigu














gambar : memecenter.com

Orang dengan perasaan insecure sangat sensitif terhadap situasi ambigu. Di otaknya akan muncul beragam narasi-narasi negatif yang akan terjadi pada dirinya dan hubungannya. Misalnya kamu merasa sangat cemas apabila kekasih tidak menghubungi selama beberapa jam. Cemas disini bukanlah cemas akan terjadi apa-apa pada kekasihmu, tetapi kamu cemas akan apa yang dia lakukan tanpamu, misalnya kamu cemas ia tidak lagi cinta padamu, cemas ia bersama wanita lain ,  dan lain sebagainya.


3.    Terlalu Insecure pada Wanita Lain













gambar : themetapicture.com

Siapa sih yang tidak merasakan sedikit cemburu jika pasangan bertemu dengan teman wanitanya? terutama jika teman wanitanya cantik dan pernah ada hubungan spesial dengan kekasih. Tetapi berbeda dengan orang kebanyakan, orang yang insecure bisa cemburu buta dengan alasan yang tidak jelas.
Sebagai contoh, saya punya teman yang cemburunya sangat berlebihan, sebut saja A. A bisa cemburu pada mantan pacar kekasihnya(sebut saja B) hanya karena A sedang stalking media sosial B dan merasa B sangat cantik. A lalu marah-marah ke kekasihnya (sebut saja C) yang berhubungan dengan B saja tidak.  Akibatnya C lalu jengah dan mulai tidak tahan oleh A.

Lalu bagaimana mengatasi rasa insecure?

 Mengatasi rasa insecure memang tidak mudah, apalagi ketika kamu memiliki pengalaman pahit pada hubungan-hubungan sebelumnya. Walaupun begitu, kamu telah melakukan langkah awal untuk berubah menyadari dan mengakui bahwa kamu insecure.Selanjutnya , kamu bisa berdiskusi dengan kekasih mengenai keadaanmu dan buat kesepakatan untuk mengurangi emosi tidak enak tersebut, misalnya meminta ia untuk mengabari terlebih dahulu apabila ia akan sibuk (sehingga kamu tidak harus cemas menunggu dia membalas pesan). Jika perasaan cemas kamu tidak juga berubah, ada baiknya kamu mencari pertolongan teman yang menurutmu paling bijak ataupun pertolongan ahli seperti psikolog. 

Comments